Thursday 20 July 2023

Indonesia Jadi Rebutan Negara-negara di dunia part 1, CINA vs Eropa vs USA Untuk Indonesia

Pertanyaan yang sangat menarik ketika hari ini kamis tanggal 20 Juli 2023 terlontar dari salah satu siswi saya di kelas, Saat saya membuka pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menayangkan Salah satu Vidio materi Pemikiran Pendiri Bangsa Tentang Dasar Negara. Setelah saya memberikan kesempatan anak untuk bertanya ada salah satu murid saya bertanya "Pak Baik mana Antara Cina, Eropa dan Amerika terhadap negara kita".

Jika kta kilas baik dan hubungkan dengan proses bagaimana kita memperoleh kemerdekaan tentu saja tidak lepas dari campur tangan negara negara dalam naungan PBB, namun kontek yang ditanyakan tentusaja kontek yang terkait masalah kekinian, tentunya sengketa RI dengan Uni Eropa, kemesyraan RI dengan Cina serta ketidak jelasan status hubungan antara RI dengan Amerika.

Yang harus kita pahami adalah potensi yang kita miliki, Indonesia adalah negar dengan sumber daya yang besar baik manusia maupun alam. Tentunya ini menarik buat negara-negara lain, yang jadi pertanyaan ketertarikan negara-negara itu ketertarikan yang bagaimana. Untuk mengeruk keuntungan atau membantu negara kita lepas dari keterpurukan. 

Dalam hal ini saya akan menekankan pada anak-anak bahwa kita harus selalu berburuk sangka akan hal ini, mungkin kalau kalian konfirmasi dengan guru Agama tentu saja berburuk ssangka itu tidak boleh. Namun dalam hal bernegara itu wajib hukumnya, kira-kira kalau pemilihan kalimat berburuk sangka kurang pas ya...kita ganti dengan waspada.

Kita bisa mengibaratkan hubungan antar negara itu layaknya hubungan seseorang dengan pacar/kekasihnya, lika liku hubungan tentunya ada pasang dan surut serta banyak kepentingan yang ada. untung rugi tentu saja akan ada di balik kata cinta dan kasih sayang. 

Ketika banyak orang-orang yang berpendapat dengan membandingkan hubungan Cina dan Negara Uni Eropa dan Amerika tentu saja kita harus melihat ada atau tidak kepentingan di dalamnya, apalagi tahun ini mulai berdekatan dengan tahun politik. Dengan kata lain kelompok yang tidak sejalan dengan pemerintah tentu saja akan memanfaatkan momentum kedekatan Cina dengan Indonesia sebagai bahan untuk menjatuhkan. Pemerintaah pro Aseng, Pemerintah tidak akan mampu melunasi hutang ke Cina, Pemerintah mengadaikan negara ke Cina dll. 

Hal ini tentunya akan ditangapi kelompok bersebrangan dengan mengangkat isu bahwa hanya Cina saja yang mau berinvestasi atau membangun pabrik (Smelter) di Indonesia terkait dengan dunia pertambangan yang menghebohkan dunia. tidak itu saja tentu akan di barengi dengan narasi bahwa dengan dibangunya Smelter di Indonesia akan menyerap lapangan kerja, menaikan nilai jual dll.

yang harus kalian pahami baik itu Cina dan Uni Eropa sebenarnya hanya berpikir untuk keuntungan negara mereka sendiri tidak akan berpikir bagaimana membantu negara kita, cuman jika dilihat dari tingkatnya Cina lebih menarik karena mau menuruti berbagai aturan yang di buat Indonesai sedangkan Uni Eropa memilih lebih tidak bekerjasama. (karena saya harus mengajar jam beikutnya kita lanjut lagi besok)


No comments:

Post a Comment

mohon mengunakan bahasa yang sopan