ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Nama : Indro Sulistyo, S. Pd
SMK : Negeri 1 Sragen
Mata Pelajaran : PPKn
Fase
yang diampu : F/Kelas XI
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Kompetensi |
Konten |
Tujuan Pembelajaran |
Alur Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Pancasila |
Peserta didik dapat membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila; mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global; mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Peserta didik juga mampu menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya. Peserta didik mampu menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.
|
Membandingkan Mengidentifikasi Mengkaji Menginisiasi Menganalisis Menerapkan |
cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa Sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun Kawasan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. |
- Peserta didik dapat membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila - Pesertadidik mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global; - Pesertadidik dapat mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. - Peserta didik juga mampu menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; Pesertadidik dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya. - Peserta didik mampu menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan; - Pesertadidik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.
|
- membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila - mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global; - mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. - menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; Pesertadidik dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya. - menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan; - menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.
|
13 |
UUD 1945 |
Peserta didik mampu menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya; mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta. Peserta didik juga dapat mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945; mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara |
Menganalisis Mempraktikan Mengkaji Mengidentifikasi |
norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945 tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara |
- Peserta didik mampu menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya - Pesertadidik dapat mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta. - Peserta didik juga dapat mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945; - Pesertadidik mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara |
- Menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya - Mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta. - Mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945; - Mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara |
13 |
Bhineka Tunggal Ika |
Peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; memahami makna dan nilai dari keragaman. Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri |
Mengidentifikasi Memahami Mengkaji |
pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas makna dan nilai dari keragaman. Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri. |
- Peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; - Pesertadidik memahami makna dan nilai dari keragaman. - Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. - Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; - Pesertadidik mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri |
- Mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; - Memahami makna dan nilai dari keragaman. - Mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. - Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; - Pesertadidik mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri |
8 |
NKRI |
Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi; menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya. Peserta didik juga dapat memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional; mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.
|
Mengidentifikasi Menemukan Memahami
|
beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia. |
- Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi; - Pesertadidik menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya. - Peserta didik juga dapat memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional; - Pesertadidik mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.
|
- Mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi; - Menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya. - Memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional; - Mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia |
13 |
Modulnya mana ini
ReplyDelete