Sunday 25 June 2023

CONTOH ATP PPKn KUrikulum Merdeka Kelas XI SMK

 

 


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Nama                                      : Indro Sulistyo, S. Pd

SMK                                       : Negeri 1 Sragen

Mata Pelajaran                        : PPKn

Fase yang diampu                  : F/Kelas XI

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Kompetensi

Konten

Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Pancasila

Peserta didik dapat membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila; mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global; mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Peserta didik juga mampu menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya. Peserta didik mampu menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

 

Membandingkan Mengidentifikasi Mengkaji Menginisiasi Menganalisis Menerapkan

cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila

peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global

penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa

Sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama

kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya

halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun Kawasan

nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

-  Peserta didik dapat membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila

-  Pesertadidik mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global;

-  Pesertadidik dapat mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

-  Peserta didik juga mampu menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; Pesertadidik dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya.

-   Peserta didik mampu menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan;

-  Pesertadidik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

 

 

 

-  membandingkan cara pandang para pendiri bangsa tentang rumusan dan isi Pancasila

-  mengidentifikasi peluang dan tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan global;

-  mengkaji penerapan niai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

-  menginisiasi sebuah kegiatan bersama serta menetapkan tujuan dan target bersama; Pesertadidik dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhannya.

-   menganalisis halhal penting dan berharga yang dapat diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di masyarakat luas, baik dalam skala negara maupun kawasan;

-  menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

 

 

 

13

UUD 1945

Peserta didik mampu menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya; mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta. Peserta didik juga dapat mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945; mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara

Menganalisis

Mempraktikan

Mengkaji

Mengidentifikasi

norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku,

membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta

ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945

tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara

-  Peserta didik mampu menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya

-  Pesertadidik dapat mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta.

-  Peserta didik juga dapat mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945;

-  Pesertadidik mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara

-  Menganalisis norma dan aturan, hak dan kewajiban sebagai warga negara yang diatur dalam konstitusi dan norma yang berlaku, serta dapat mempraktikkannya

-  Mempraktikkan membuat kesepakatan bersama di sekolah terkait dengan norma yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta.

-  Mengkaji ide-ide para pendiri bangsa tentang rumusan Pancasila dan UUD 1945;

-  Mengidentifikasi tumpang tindih, kesesuaian, dan pertentangan antara satu regulasi dengan regulasi lain yang setara

13

Bhineka Tunggal Ika

Peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas; memahami makna dan nilai dari keragaman. Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik. Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung; mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri

Mengidentifikasi

Memahami

Mengkaji

pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas

makna dan nilai dari keragaman. Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik

perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung

makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri.

-  Peserta didik mampu mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas;

-  Pesertadidik memahami makna dan nilai dari keragaman.

-  Peserta didik mampu mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

-   Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung;

-  Pesertadidik mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri

-  Mengidentifikasi pengaruh keanggotaan kelompok lokal, regional, nasional, dan global terhadap pembentukan identitas;

-  Memahami makna dan nilai dari keragaman.

-  Mengidentifikasi respon terhadap kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik.

-   Peserta didik juga mampu mengidentifikasi perlunya melakukan pertukaran budaya dan kolaborasi dalam dunia yang saling terhubung;

-  Pesertadidik mengkaji makna dan manfaat hidup dalam kebinekaan, kaya akan kearifan lokal, dan memilih produk dalam negeri

8

NKRI

Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi; menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya. Peserta didik juga dapat memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional; mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.

 

Mengidentifikasi

Menemukan

Memahami

 

beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi

beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya

konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional

peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.

-  Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi;

-  Pesertadidik menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya.

-  Peserta didik juga dapat memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional;

-  Pesertadidik mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.

 

-  Mengidentifikasi beberapa contoh kasus wilayah yang diperebutkan berdasarkan fakta dan regulasi;

-  Menemukan beberapa praktik baik dan sikap menjaga keutuhan NKRI yang telah dilakukan oleh orang/kelompok sebelumnya.

-  Memahami konsep sistem pertahanan dan keamanan nasional;

-  Mengidentifikasi peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia

13

 

1 comment:

mohon mengunakan bahasa yang sopan